APA ITU CRM

11.37 Diposting oleh Herry Bong

CRM atau Customer Relationship Management adalah suatu teori atau metode yang di aplikasikan untuk mengidentifikasikan, mendapatkan dan mempertahankan pelanggan suatu perusahaan (identify, get, keep, maintain) customer suatu perusahaan.

CRM itu sendiri terdiri dari proses-proses dan teori yang di implementasikan untuk mengerti lebih dalam mengenai perilaku konsumen dan kebutuhab daripada konsumen suatu perusahaan guna memperkuat hubungan yang saat ini telah dimiliki perusahaan dan pelangganya.

Tujuan menggunakan metode CRM atau customer relationship management itu sendiri antara lain adalah :
  1. membantu perusahaan dalam meningkatkan pelayanan yang lebih baik sehingga dapat diberikan kepada customer.
  2. Mendapatkan customer baru
  3. Menidentifikasi dan mengetahui apa kebutuhan konsumen yang akan tercipta di masa yang akan datang.
  4. Mengetahui perbaikan yang diperlukan oleh perusahaan dalam rangka memuaskan customer mereka.
  5. Menganalisa pelilaku konsumen
  6. Mengefektifkan cost yang dikeluarkan perusahaan guna mendapatkan customer baru karena dengan metode CRM perushaaan dapat menjaga supaya konsumen lama untuk tetap setia kepada perusahaan.