Customer Relation Management ( Part 1 )

16.09 Diposting oleh Herry Bong


Dengan semakin berkembangnya dunia marketing di dunia ini terutama di Indonesia menimbulkan semakin sengitnya persaingan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Dengan tingginya persaingan tersebut, maka perusahaan-perusahaan dituntut untuk memperkuat strategi pemasaranya. Salah satu strategi yang paling efektif digunakan pada saat ini adalah dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM).

VanWellis sebagai Leading Integrated & Customize Customer relationshio Management telah berhasil menerapkan strategi tersebut ke beberapa perusahaan nasional dan internasional terkemuka di Indonesia.

Definisi dari CRM ( Customer Relationship Management ) yaitu suatu proses yang terdiri dari beberapa tahapan seperti Indentifikasi, akuisisi, retensi, dan pengembangan pelanggan yang memberikan kontribusi besar kepada persahaaan dengan cara memfokuskan strateginya yaitu dengan cara menjaga hubungan dengan customer yang secara tepat dan efektid sehingga hubungan tersebut dapat menciptakan customer yang loyal bahkan menjadi pengaruh bagi komunitasnya.

Customer Relationship Management bukanlah suatu konsep, melainkan sebuah perubahan paradigman perusahaan-perusahaan dimana CRM itu adalah pola hidup yang bertujuan mengajak pelanggan menjadi partner dalam perusahaan tersebut dan mengembangkanya sehingga dapat mengungtungkan kedua belah pihak.